Kursus di Surabaya

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821

Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Pages

Minggu, 12 November 2017

Akademi Pariwisata Majapahit - Studi Banding ke Malaysia

Akademi Pariwisata Majapahit - Studi Banding ke Malaysia

Studi Banding International “Baking & Pastry Art”

Ke Kuala Lumpur, Malaysia
 

Dalam upaya mendorong mahasiswa untuk mengasah kemampuan atau skill, Program Studi Patiseri kelas International, Akademi Pariwisata Majapahit mengajak mahasiswanya untuk Studi Banding International yang bertajuk ‘Baking & Pastry Art’ di Kuala Lumpur, Malaysia. Total ada 38 mahasiswa mengikuti kegiatan Studi Banding International yang dilakukan dari tanggal 12 - 18 Februari 2017 di beberapa tempat pendidikan di Malaysia.

Studi banding international merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan di luar negeri dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik dilingkungan Akademi Pariwisata Majapahit. Pada studi banding kali ini mahasiswa patiseri kelas international diajak untuk belajar tentang aneka produk pastry art di universitas-universitas cukup ternama di Malaysia. Dalam kunjungan inipun para mahasiswa didampingi oleh 2 dosen pembimbing yaitu bapak Otje Herman Wibowo, SE, M.Par dan ibu Renny Savitri, M.Par, dengan tujuan untuk memberikan wawasan Internasional dalam mengaplikasikan keilmuan yang didapat.
Hal serupa juga diterangkan oleh Direktur Akademi Pariwisata Majapahit, Ir. Juwono Saroso, MM bahwa dengan studi banding ini kita bisa menyempurnakan pembelajaran pastry & bakery yang ada dikampus. Serta menjalin kerjasama dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri. “Diharapkan dalam studi banding ini, bisa berkembang dan bekerjasama seperti pertukaran pelajar dan dosen. Juga mendapatkan kemudahan dan potongan harga uang kuliah, apabila mahasiswa kita mau studi lanjut ke luar negeri. Seperti dari KDU University College, mereka mempersilakan kita untuk mengikuti lomba-lomba yang ada di Malaysia, dengan meminjamkan fasilitas baik itu berupa dapur maupun peralatan,” terang Juwono Saroso saat mengikuti kegiatan studi banding ini.
Ditambahkan oleh bapak Hendrik Adrianus, SE, M.Par, selaku Head of Public Relations Officer Akademi Pariwisata Majapahit yang sebelumnya sempat berangkat ke Malaysia terlebih dulu mengatakan dengan adanya kegiatan studi banding dan belajar produk pastry art di luar negeri, mahasiswa berkesempatan mendapatkan sertifikat dari sekolah di luar negeri yang bisa digunakan sebagai bahan referensi dalam bekerja nantinya. “Harapannya dengan adanya studi banding international ini sebagai tolak ukur pendidikan kita untuk selalu meng-update kurikulum sekolah di luar negeri sebagai penyempurnaan pendidikan yang ada di kampus,” ungkapnya.


Mahasiswa patiseri kelas international mendapat kesempatan belajar praktek pastry secara langsung (hands on) di beberapa universitas yang cukup besar dan ternama di Kuala Lumpur yaitu Cilantro Culinary Academy membuat ‘Pastillage Sugar Box’, KDU University College belajar ‘Barista & Chocolate Praline’, dan Berjaya University College of Hospitality membuat ‘Creme Caramel’. Tak hanya itu, mereka juga sempat berkunjungan ke sekolah Giatmara Putrajaya untuk melihat kegiatan baking & pastry, sehingga nantinya mereka bisa memahami sistem pendidikan yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. 


Selain belajar produk pastry, mahasiswa juga berkesempatan mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Malaysia, seperti; Batu Caves, Petronas  Twin Tower, Bukit Bintang, Plaza Sungai Wang, Berjaya Times Square, Jembatan Putrajaya, Sultan Abu Samad Building & Dataran Merdeka, Kuala Lumpur City Galery, Lake Symphony, Petaling Street, dan wisata Genting Themepark. Wow, wisata yang keren...!
Selama 6 (enam) hari, sebuah perjalanan studi banding plus tour wisata Malaysia yang menyenangkan. Diceritakan oleh Eunike Adriana Prasetyo, salah seorang mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini mengatakan tidak rugi ikut studi banding ke Malaysia. “Saya sangat senang, asyik, dan menambah wawasan saya selaku mahasiswi pastry, karena banyak pengetahuan tambahan yang bisa diterapkan sekaligus pengalaman belajar yang menyenangkan sambil berlibur di luar negeri,’ ujar mahasiswi yang kerap disapa Hana ini. 


Pengalaman yang tak terlupakan bagi semua mahasiswa patiseri kelas international, membuka wawasan internasional baik dalam hal wisata budaya, teknologi dan ilmu pengetahuan. Semua mahasiswa pun berharap akan mendapatkan kesempatan lagi untuk ikut studi banding di luar negeri. *Upi
Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com
Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info

Tidak ada komentar:

Posting Komentar